Konsep
dan Contoh Pengembangan Silabus dan Perencanaan Pembelajaran
PAUD
Non Formal
Cara penyusunan rencana pembelajaran untuk
kelompok usia 4-5 tahun
1. Menyusun silabi yang diturunkan dari
indikator kompetensi menu generik
NO
|
INDIKATOR
KOMPETENSI
|
SILABI- KONSEP/MATERI
|
1.
|
Agama dan Moral
§ Menyanyikan beberapa lagu bernuansa
imtaq
§ Berdoa sebelum dan sesudah melakukan
kegiatan serta menirukan sikap berdoa
§ Menirukan gerakan ibadah dengan tertib
§ Menyimak dengan baik cerita bernuansa
imtaq
§ Meniru dan menyebutkan nama-nama dan
beberapa sifat Tuhan
§ Menunjukkan rasa sayang dan cinta kasih
kepada ciptaan Tuhan
§ Mengucapkan syair dan pantun imtaq
§ Mengucapkan terimakasih setelah menerima
sesuatu
§ Mengucapkan salam
§ Menirukan dan mengucapkan kata-kata
santun
§ Menghargai teman dan tidak memaksakan
kehendak
|
- menyanyi
bernuansa agama dan moral
- doa sebelum dan sesudah belajar, makan,
tidur
- sikap khidmat saat berdoa dan beribadah
- mengenalkan gerakan sholat
- cerita sesuai tema
- maha ada, esa, hidup, mengetahui,
penyayang,
- sikap sayang, mencintai
- sikap syukur, terima kasih
- sikap mengucapkan salam
- sikap meminta maaf
- sikap menghargai dan menghormati
- syair dan pantun
|
|
Fisik
§ Berdiri dengan satu kaki bergantian
§ Berjalan ke depan dengan tumit
§ Naik turun tangga dengan kaki bergantian
sambil berpegangan
§ Berlari sambil menggiring bola
§ Melompat dengan satu kaki
§ Melompat jauh melewati rintangan atau
tali setinggi 25 cm
§ Dapat melompat dengan satu kaki sampai
lima lompatan
§ Menendang bola dengan kaki berayun ke
depan dan ke belakang
§ Berjalan ke depan di balok titian dengan
tangan di rentangkan sebagai penyeimbang
§ Menangkap bola yang dipantulkan dengan cara merangkul
§ Menangkap bola yang dipantulkan dengan
kedua tangan
§ Melipat kertas
§ Mengelompokkan benda-benda yang tidak
serupa
§ Membangun dari sepuluh balok
§ Menggambar benda yang dikenal yang
berarti bagi anak
§ Membuat garis mendatar, tegak lurus dan
lingkaran
§ Menggunting kertas di antara dua
garis
|
- berdiri satu kaki
- berjalan dengan tumit
- naik turun tangga
- menggiring bola
- melompat satu kaki
- melompati tali rintangan
- melompat dengan satu kaki berturut-turut
- menendang bola
- berjalan di balok titian
- menangkap bola
- lipat, lurus, rapi
- serupa dan serupa
- vertikal, horizontal
- garis mendatar, tegak lurus, lingkaran
- menggunakan gunting
- mengelompokkan benda
- menggambar benda kesukan anak
|
|
Bahasa
§ Menjawab pertanyaan siapa, mengapa, dan
di mana
§ Bertanya pertanyaan “Apa”, “kapan” dan
“bagaimana”.
§ Merangkai kalimat dengan 4 buah kata
§ Menyebutkan jenis kelaminnya, usia dan
saudaranya
§ Mengerti dan melaksanakan dua perintah
sederhana
§ Mengenali, menirukan dan mengetahui
suara-suara benda dan binatang
§ Menunjukkan lebih dari 10 gambar yang
dikenalnya
|
- menggunakan kata tanya siapa, mengapa,
dan dimana, kapan
- Laki-laki, perempuan, usia
- Nama, ciri dan suara binatang
|
|
Kognitif
§ Mengenal fungsi benda dengan benar
§ Mengelompokkan benda berdasarkan bentuk,
warna, ukuran dan fungsi secara sederhana
§ Ikut dalam kegiatan membaca dengan
mengisi kata-kata dan kalimat yang kosong
§ Menunjukkan dan menyebutkan anggota tubuhnya
§ Mencocokkan hingga 11 warna
§ Menunjukkan hingga 6 (enam) warna yang disebutkan
§ Menyebutkan dua warna dasar
§ Mencocokkan dua bentuk (lingkaran,
segitiga, dan segi empat)
§ Menunjukkan bentuk-bentuk dasar yang
diminta (lingkaran, segitiga, segiempat)
§ Memahami konsep banyak/sedikit,
kecil/besar, penuh/kosong, ringan/ berat, pendek/tinggi, kurus/gemuk.
§ Memahami konsep buka/tutup,
depan/belakang, keluar/masuk, di belakang/di depan, dasar/atas, di atas/di
bawah
§ Mengklasifikasikan sekitar empat macam
benda
§ Mengerti apa yang harus dilakukan dalam
situasi tertentu
§ Mengenal sedikitnya sembilan fungsi
benda
§ Menggunakan barang atau benda lain untuk
membangun bangunan yang lebih komplit
|
- nama, ciri, fungsi benda
- bentuk (lingkaran, segi tiga dan segi
empat),
- warna (merah, putih, hitam, hijau, biru,
kuning) benda yang sudah dikenal.
- Banyak, sedikit, kecil, besar, penuh,
kosong, ringan, berat, pendek, tinggi, buka, tutup,
- depan, belakang, keluar, masuk,
belakang, depan, bawah, atas
- Klasifikasi benda berdasarkan warna,
bentuk, dan ukuran
- Menggabungkan beberapa bentuk menjadi
bentuk baru
-
|
|
Sosial Emosional
§ Mulai dapat menunggu giliran
§ Bermain bersama tetapi dengan pengawasan
orang dewasa
§ Mempunyai teman khayalan
§ Menggunakan balok atau benda lain untuk
membuat bangunan sederhana
§ Mengikuti aktivitas sampai 20 menit
§ Bekerja dalam kelompok kecil selama 5 –
12 menit
|
§ sabar, antri
§ teman, bersama, fokus
|
|
Seni
§ Menyanyikan lagu anak-anak lengkap
sesuai irama dengan gerakan
§ Membuat bunyi-bunyian dengan berbagai
alat atau benda
§ Menggambar/melukis dengan jari
|
§ Arti lagu, irama, gerak
§ Bunyi, sumber bunyi
|
|
Keterampilan Hidup
§ Menggunakan sisi sendok/garpu untuk memotong makanan yang empuk
§ Menggunakan serbet
§ Melepas pakaian sendiri kecuali untuk baju yang harus ditarik ke
atas
§ Mengenakan celana atau rok yang menggunakan karet pinggang
§ Mengenakan kaos kaki dan sepatu
§ Mengenal sepatu kiri dan kanan
§ Mengenakan pakaian sendiri
§ Membuka dan mengancingkan baju
§ Membuka dan menutup resleeting
§ Mencoba untuk menalikan sepatu tapi belum benar
§ Berusaha untuk membersihkan sendiri
setelah BAK/BAB
§ Menyiram WC
§ Cuci tangan dan membasuh muka
§ Mengeringkan wajah tanpa dibantu
§ Menggosok gigi, berkumur dan membuang airnya
|
§ Cara menggunakan sendok, garpu, serbet
§ Memakai dan buka baju
§ Membuka dan mengancingkan baju
§ Memakai celana atau rok
§ Memakai kaos kaki dan sepatu bertali
§ Cara menggunakan WC
§ Mencuci tangan sebelum dan sesudah ke
belakang
§ Menggosok gigi sesudah makan
|
Penyusunan silabi
dalam setahun
No
|
Silabus
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
Ket
|
1
|
Nilai, Moral dan Agama
1. doa sebelum dan sesudah belajar,
2. doa sebelum dan sesudah makan
3. doa sebelum dan sesudah tidur
4. sikap hidmat saat berdoa
5. cerita sesuai tema
6. Tuhan maha ada, esa
7. Tuhan maha mengetahui, penyayang
8. Tuhan maha melihat, mendengar
9. kalimat thoyibah/ keagamaan (Allahu
Akbar, Subhanallah, Alhamdulillah, astagfirullah)
10. sikap sayang, mencintai
11. sikap syukur, terima kasih,
12. sikap mengucapkan salam
13. sikap meminta maaf
14. sikap menghargai dan menghormati
|
x
x
x
x
x
x
x
x
|
x
x
x
x
x
x
x
x
x
|
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
|
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
|
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
|
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
|
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
|
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
|
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
|
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
|
x
x
x
x
x
x
x
x
x
x
|
Nilai dan moral
merupakan pembiasaan
|
2
|
Fisik Motorik
1.berdiri satu kaki
2.berjalan dengan tumit
3.naik turun tangga
4.menggiring bola
5.melompat satu kaki
6.melompati tali rintangan
7.melompat dengan satu kaki berturut-turut
8.menendang bola
9.berjalan di balok titian
10. menangkap bola
11. lipat, lurus, rapi
12. benda serupa dan tidak serupa
13. bangun vertikal, horizontal
14. garis mendatar, tegak lurus, lingkaran
15. menggunakan gunting
|
x
x
|
x
|
x
x
x
|
x
x
x
x
|
x
x
x
|
x
x
x
x
|
x
x
x
|
x
x
x
|
x
x
x
|
x
x
|
x
x
x
|
|
3
|
Bahasa
1. menggunakan kata tanya siapa, mengapa,
2. menggunakan kata tanya di mana, kapan
3. identitas diri, laki-laki, perempuan,
usia
4. Nama, ciri dan suara binatang dan benda
lainnya
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
|
4
|
Kognitif
1. Nama, ciri, fungsi, bentuk (lingkaran, segi tiga dan
segi empat), warna (merah, putih, hitam, hijau, biru, kuning) benda yang
sudah dikenal.
1. Nama, bentuk, ciri, dan fungsi anggota
tubuh
2. Banyak, sedikit, kecil, besar, penuh,
kosong, ringan, berat, pendek, tinggi, buka, tutup, depan, belakang, keluar,
masuk, belakang, depan, bawah, atas
3. Klasifikasi benda berdasarkan warna,
bentuk, dan ukuran
4. Menggabungkan beberapa bentuk menjadi
bentuk baru
|
x
|
x
|
x
x
|
x
|
x
x
|
x
|
x
x
|
x
|
x
x
|
x
|
x
x
|
|
5
|
Sosial
1.sabar, antri
2.berteman, main bersama, fokus
|
x
|
x
|
x
x
|
x
x
|
x
x
|
x
x
|
x
x
|
x
x
|
x
x
|
x
x
|
x
x
|
menekankan pada
pembiasaan
|
6
|
Seni
1.lagu, irama, gerak
2.Bunyi, sumber bunyi
|
x
|
x
|
x
|
x
x
|
x
|
x
x
|
x
|
x
x
|
x
|
x
x
|
x
|
|
7
|
Keterampilan Hidup
1.Cara
menggunakan sendok, garpu, serbet
2.Memakai
dan buka baju
3.Membuka
dan mengancingkan baju
4.Memakai
celana atau rok
5.Memakai kaos kaki dan sepatu bertali
6.Cara
menggunakan WC
7.Mencuci tangan sebelum dan sesudah ke belakang
8.Menggosok gigi sesudah makan
|
x
x
x
|
x
x
x
x
x
|
x
x
x
x
x
x
|
x
x
x
x
x
x
x
x
|
x
x
x
x
x
x
x
x
|
x
x
x
x
x
x
x
x
|
x
x
x
x
x
x
x
x
|
x
x
x
x
x
x
x
x
|
x
x
x
x
x
x
x
x
|
x
x
x
x
x
x
x
x
|
x
x
x
x
x
x
x
x
|
Menekankan pada
pembiasaan
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar