Social Icons

Pages

Selasa, 04 Juni 2013

PERAN ORANG TUA DALAM MENDIDIK ANAK


Pengertian bimbingan orang tua dalam mendidik anak.
Bimbingan atau guidance adalah bantuan yang diberikan oleh seseorang                       ( pembimbing ) kepada individu atau sekelompok individu.
  1. Pengertian bimbingan menurut para ahli.
Chrisholm, bimbingan adalah penolong individu agar dapat mengenal dirinya dan supaya individu itu dapat mengenal serta memecahkan masalah yang dihadapi di dalam kehidupannya.
  1. Stikes dan Dorcy, bimbingan adalah suatu proses untuk menolong individu dan kelompok supaya individu itu dapat menyesuaikan diri dan memecahkan masalahnya.
  2. Stoops, bimbingan adalah suatu proses yang terus- menerus untuk membantu perkembangan individu dalam rangka mengembangkan kemampuannya secara maksimal untuk memperoleh manfaat yang sebesar-besarnya baik bagi dirinya maupun masyarakat.
  3. Bimo Walgito, bimbingan adalah bantuan yang diberikan kepada individu-individu dalam mengatasi kesulitan di daalam hidupnya untuk mengembangkan kemampuannya agar individu atau sekumpulan individu itu dapat mengadakan penyesuaian dengan baik untuk mencapai kesejahteraan hidupnya.
  4. Hal-hal yang perlu mendapat bimbingan orang tua.
Pertama,membantu anak-anak memahami posisi dan peranannya
masing-masing sesuai dengan jenis kelaminya, agar mampu saling menghorangi dan saling tolong-menolong dalam melaksanakan perbuatan yang baik dan diridhai Allah.
Dua, membantu anak-anak mengenal dan memahami nilai-nilai yang mengatur kehidupan berkeluarga, bertetangga, bermasyarakat, dam mampu melaksanakannya untuk memperoleh ridhai Allah.
Tiga, mendorong anak-anak untuk mencari ilmu dunia dan ilmu agama, agar mampu merealisasikan dirinya sebagai individu dan sebagai anggota masyarakat yang beriman.
Empat, membantu anak-anak memasuki kehidupan bermasyarakat setahap demi setahap melepaskan diri dari ketergantungan pada orang tua dan orang dewasa lainnya, serta mampu bertanggung jawab atas sikap dan perilakunya.
Lima, membantu dan memberi kesempatan serta mendorong anak-anak mengerjakan sendiri dan berpartisipasi dalam melaksanakan kegiatan agama, d idalam keluarga dan masyarakat.

Pengertian pola asuh.
Pola asuh adalah suatu cara terbaik yang dapat ditempuh oleh orang tua dalam mendidik anak-anaknya sebagai perwujudan dari rasa tanggung jawab kepada
anak-anaknya.
  
B.     Macam- Macam Pola Asuh

  1. Macam-macam pola asuh menurut hurluck yang dikutip chabib thoha.
Dimana pola asuh tersebut  terbagi menjadi 3 diantaranya yaitu :
  1. Pola asuh otoriter
Pola asuh otoriter adalah pola asuh yang ditandai dengan cara mengasuh anak-anaknya dengan aturan-aturan yang ketat, sering kali memaksa untuk berperilaku seperti dirinya ( orang tua ), kebebasan untuk bertindak atas nama diri sendiri dibatasi.
  1. Pola asuh yang demokratis
Pola asuh demokratis adalah pola asuh yang ditandai dengan pengakuan orang tua terhadap kemampuan anak-anaknya, dan kemudian anak diberi kesempatan untuk tidak selalu tergantung kepada orang tua.
  1. Pola asuh laisses fire
Pola asuh laisses fire adalah pola asuh dengan cara orang tua mendidik anak secara bebas, anak dianggap orang dewasa atau muda, ia diberi kelonggaran seluas-luasnya apa saja yang dikehendaki.




C.    Faktor-faktor pendorong pola orang tua.dalam  mendidik anak usia dini
Dimana faktor tersebut terbagi menjadi 3 diantaranya yaitu :

  1. Faktor pendidikan
Pendidikan yang baik merupakan wahana untuk membangun sumber daya manusia ( human resource ), dan sumber daya manusia itu terbukti menjadi faktor determinan bagi keberhasilan bagi pembangunan dan kemajuan suatu bangsa.
  1. Faktor keagamaan
Dalam rangka mencapai keselamatan anak usia dini, agama memegang peranan penting. Maka orang tua yang mempunyai dasar agama kuat, akan kaya berbagai cara untuk melaksanakan upaya terbaik baik psikis maupun fisik terhadap anak.
  1. Faktor lingkungan
Lingkungan juga faktor yang sangat kuat mempengaruhi upaya orang tua secara psikis dan fisik terhadap anak usia dini. Pengaruh lingkungan ada yang baik dan ada yang  buruk. Ketiga faktor tersebut seperti pendidikan keagamaan dan lingkungan merupakan faktor yang melatarbelakangi adanya upaya spiritual
( psikis ) dan fisik yang dilaksanakan oleh orang tua dalam rangka memperoleh generasi yang unggul. Jadi tingkat pendidikan seseorang berpengaruh terhadap upaya secara psikis dan fisik baik yang menafaskan agama maupun tradisi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

Sample Text